Senin, 03 September 2012

Memulai dan Mengelola Bisnis Franchise di Kota Anda by Sulhadi

Sebelum memulai bisnis franchise di kota Anda, sebaiknya ada beberapa hal yang penting untuk diketahui dari jenis usaha ini. Sebab, jenis usaha tersebut sedang menjadi pilihan populer bagi masyarakat mengingat berbagai keuntungan yang bisa dituai darinya. Hal ini membuat persaingan semakin ketat dengan banyak risiko yang harus dihadapi oleh pelakunya.
Ketika bicara mengenai bisnis franchise atau waralaba, orang semacam tergiur dengan banyaknya kemudahan tips dan strategi yang telah ditawarkan. Salah satu kemudahan tersebut adalah dengan menekan biaya promosi seminimal mungkin. Sebab pada intinya,kita melakukan jenis usaha ini dengan membeli merek atau produk yang sudah dikenal oleh masyarakat. Akibatnya, kita hanya perlu untuk meningkatkan daya jual melalui pemilihan lokasi-lokasi strategis. Nah, apakah semudah itu jika kita memutuskan untuk memilih usaha tersebut? 
Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah jenis produk dan lokasi yang akan kita pilih. Untuk memulai bisnis franchise, pilihan yang paling aman adalah dengan menjual produk makanan. Di mana pun kita berada, makanan selalu menjadi objek laris bagi setiap penjualnya. Masalahnya adalah apakah masyarakat sudah mengenal dengan baik produk makanan yang sedang kita jual? Apalagi jika ternyata jenis makanan ini kurang diminati terkait dengan selera dari masyarakat di lokasi tertentu. Tentu saja, untuk mengetahui hal ini kita perlu untuk melakukan riset kecil-kecilan.
Semakin produk itu dikenal oleh masyarakat di lokasi tersebut, makin besar peluang Anda untuk mengembangkan usaha ini. Namun, tingkat popularitas sebuah produk tidaklah selalu menjamin keberhasilan bisnis franchise. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui sebaik apa produk tersebut dikenal oleh masyarakat. Jangan sampai ketika Anda telah mendirikan usaha ini di lokasi tertentu, masyarakat tidak berminat untuk membelinya meskipun mereka telah mengenalnya.
Hal berikutnya adalah modal pengetahuan yang cukup mengenai segala hal terkait dengan bisnis ini. Sebelum Anda menggaet rekan bisnis, ada baiknya untuk mengenal dengan baik reputasi darinya. Reputasi ni berhubungan dengan strategi dan manajemen dalam pengalaman perusahaan tersebut. Lalu, ketika Anda telah memantapkan diri dengan rekan tersebut, hal selanjutnya adalah mempelajari peraturan atau undang-undang Pemerintah.
Memang, untuk memajukan kehidupan perekonomian, Negara selalu menjamin kebebasan setiap warganya untuk melakukan setiap jenis usaha. Namun, ada beberapa persyaratan resmi sebelum memulai bisnis franchise.  Syarat pertama ialah memiliki ciri atau karakter tertentu dibandingkan dengan usaha-usaha lain. Karakter tersebut bisa saja semacam produk atau sistem pengelolaan yang tidak bisa ditiru oleh usaha lain. Berikutnya adalah mengenai tingkat keberhasilan jenis produk yang akan Anda ambil dalam skala lima tahun terakhir. Selain itu, hal paling penting ialah persoalan Hak Cipta atau Hak Paten.
Nah, jika semua persyaratan di atas sudah Anda yakini betul terpenuhi,  hal yang perlu dilakukan adalah segera memulai bisnis ini dengan rekan Anda. Satu hal yang pasti adalah Anda tidak akan meraih keberhasilan jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang mantap disertai pengetahuan bisnis yang cukup. Sebab, pada dasarnya tidak perlu menjadi seorang ahli ekonomi yang pintar untuk berhasil di bidang usaha. Anda hanya perlu membaca pasar dengan jeli dan cermat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar