Kamis, 14 Juni 2012

Jenis Usaha Sampingan yang Cocok Bagi Anda by Sulhadi

Salah satu persoalan yang kerapkali menjadi masalah adalah ketika seseorang ingin mencoba memulai bisnis namun salah memilih. Hal ini tentu saja akan berakibat fatal apabila seseorang salah dalam memilih jenis usaha sampingan yang mereka impikan.
Tidak ada salahnya apabila melihat jauh ke belakang tentang cerita dibalik orang-orang sukses dalam usahanya. Hal tersebut sedikit banyak akan menjadi motivasi bagi pebisnis pemula untuk memulai bentuk usaha yang mereka inginkan.
Satu pesan penting yang harus selalu diingat adalah jenis usaha sampingan yang memiliki jumlah peminat lebih besar belum tentu hal tersebut termasuk kedalam kunci sukses bisnis. Lakukan dengan perlahan namun pasti, apapun bentuk bisnis yang dipilih selalu menuntut kesabaran didalam prosesnya.
Dengan kata lain, didalam memulai usaha sampingan, ada beberapa faktor yang harus selalu diperhatikan agar jenis usaha tersebut dapat menjadi andalan bisnis di masa depan, yaitu : 
1. Pilih jenis bisnis unik dan menampilkan ciri khas pelakunya
Hal tersebut layak untuk disebut sebagai jenis bisnis sampingan yang tidak hanya ikut-ikutan, namun memiliki integritas bisnis didalamnya. Tidak terkesan plagiat, namun yakin akan pilihan bisnisnya sendiri.
2. Jangan terkecoh oleh area bisnis yang ramai
Terkadang kondisi bisnis tersebut hanya bersifat sementara saja, tidak dalam rangka memenuhi rencana jangkan panjang bisnis. Jika sudah begitu, maka rencana apapun yang akan diterapkan maka akan secepat kilat musnah. Penting untuk menilai dan membaca gerak gerik pasar, bukan didasari oleh kuantitas namun berdasarkan pada kualitas, konsumen mengetahui dengan jelas kedua hal tersebut.
3. Apabila jenis bisnis sampingan tergolong bisnis dengan modal besar, ada baiknya memilih patungan modal dengan para investor lainnya
Tindakan ini bertujuan untuk saling memikul tanggungjawab sama besar, serta melakukan keputusan bisnis secara kolektif. Dengan demikian, hal yang dirasa berat atau besar, akan terasa ringan dan mudah untuk dijalankan bersama.
4. Jangan terpaku pada lokasi fisik bisnis
Kadangkala setiap pelaku bisnis ingin perusahaannya dikenal baik oleh publik, sehingga bangunan fisik harus terus dipertahankan. Memang tidak ada salahnya, namun hal tersebut bukan satu-satunya penunjang bisnis tetap berjalan, jangan lupakan media online yang selalu membantu siapa saja untuk memulai jenis usaha sampingan secara mudah dan profesional.
Mengimpikan jenis usaha sampingan yang cocok bagi pelaku bisnis pemula akhirnya terjawab sudah. Menemukan hal yang benar-benar pas atau sesuai memang tidak mudah, namun satu hal yang pasti adalah apapun bentuk usaha yang dipilih, pada akhirnya akan selalu menentukan kriteria kesuksesan bagi pelakunya masing-masing. Oleh karena itu, tampilkan ciri khas produk usaha maupun hal unik dari bisnis itu sendiri.
Usaha yang memiliki keunikan tersendiri akan lebih dikenal konsumen dibandingkan dengan yang tidak memiliki keunikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar