Jumat, 15 Juni 2012

Cara Buat Blog yang Lebih Efektif dan Hasilnya Memuaskan by Sulhadi

Mungkin Anda sering berpikir kriteria blog seperti apa yang diinginkan oleh masyarakat saat ini. Bagi para blogger yang sudah berkecimpung lama di dunia blog, mereka lebih fokus terhadap konten, dibandingkan dengan mementingkan kriteria blog itu sendiri, karena tujuan blog dibangun adalah untuk dibaca, bukan untuk dikaji lebih lanjut. Tentang tata cara buat blog yang baik dan benar, serta jelas arah tujuannya, banyak sumber informasi yang dapat dijadikan pelajaran berharga. Tentu saja tidak bagi para pemula untuk memulai cara buat blog, mereka membutuhkan waktu ekstra untuk belajar lagi serta menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat didalam memahami setiap langkah dan cara buat blog agar efektif dan menghasilkan konten menarik, diantaranya:
1. Pilih layanan blog gratis
Salah satu cara buat blog paling handal adalah memilih layanan gratis, alias tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Tentunya hal ini menarik untuk dilakukan dan terkadang teori “aji mumpung” pun digunakan. Mumpung gratis, kapan lagi mendapatkan hal yang sejenisnya dimasa mendatang. Layanan blog gratis memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk memulai membuat sebuah blog, sebagai contoh layanan blog gratis adalah Bloger dan WordPress.
2. Setelah memilih layanan blog, daftarkan diri secara gratis dan sesegera mungkin mengaktivasi layanan akun blog tersebut.
Jika tidak ingin ketinggalan informasi terbaru tentang dunia blog, saat itu juga pastikan bahwa verifikasi data melalui email serta akun di blog telah aktif. Tindakan ini untuk mengantisipasi kondisi hilang atau lupa pada saat verifikasi akun blog. Segera mendaftar, segera aktif, maka blog kreatif siap untuk dibangun.
Selain itu, terdapat pesan penting mengenai tata cara buat blog gratis. Bukan hanya sekedar menggunakan fasilitas yang ada, namun bagaimana menggunakan segala fitur blog untuk tujuan positif, yaitu : 
1. Hindari konten yang bersifat SARA,
2. Jangan terlalu pamer diri sendiri di blog,
3. Tampilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca atau pengunjung lain,
4. Cari hal unik atau informasi terbaru yang menjadi ciri khas blog,
5. Jangan sampai terkesan norak atau bergaya lewat blog,
6. Gunakan bahasa lugas, jelas dan penempatan istilah yang tepat,
7. Jika blog ingin menampilkan beberapa gambar, pastikan letak teks dan keterangan gambar di posisi yang proporsional dan tidak mengganggu kenyamanan pembaca,
8 Jika blog merupakan blog bisnis, gunakan bahasa promosi yang tepat sehingga tidak tergolong mengumbar janji belaka.
Dengan mengetahui beberapa cara buat blog, maka setiap individu berkesempatan untuk mewujudkan blog kreatifnya masing-masing. Berkreasi dan menuangkan beberapa ide dengan cara buat blog yang unik, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi blog tersebut ramai dikunjungi pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar