Sabtu, 16 Juni 2012

Bisnis Waralaba Sederhana yang Menguntungkan by Sulhadi

Anda tentu pernah mendengar tentang bisnis waralaba, sebuah konsep bisnis yang berasal dari modal perseorangan maupun modal patungan, namun perkembangannya lebih cepat meluas. Dari konsep modal inilah maka waralaba muncul untuk menjawab beberapa pertanyaan para pelaku bisnis, apakah konsep bisnis ini menguntungkan ataukah tidak. Konsep bisnis waralaba memperkenalkan pemanfaatan bisnis dari satu pemilik kepada para pelaku bisnis lainnya, namun tetap dalam satu kepemilikan nama bisnis yang sama. Bentuk waralaba yang mendominasi adalah bisnis rumah makan, minuman, serta dunia otomotif. Salah satu contoh adalah Coca Cola Company, waralaba sukses yang sudah mendominasi seluruh dunia dan menjadi sponsor utama dalam beberapa pertandingan sepakbola dunia.
Yang menjadi fokus utama dalam menjalankan bisnis waralaba adalah setiap individu memiliki hak guna pakai nama bisnis tersebut, selama tujuannya adalah untuk mengembangkan satu nama bisnis, bukan untuk dimiliki secara pribadi. Dengan kata lain, konsep waralaba memberikan hak guna pakai bagi siapa saja pelaku bisnis yang ingin bergabung kedalam bisnis tersebut. Beberapa keuntungan yang didapatkan dari bisnis waralaba adalah: 
1. Tidak perlu susah mencari nama bisnis, sebab nama bisnis dan produk komersil sudah siap untuk dipasarkan,
2. Tidak perlu memikirkan pembelian produk, sebab suplai produk sudah disiapkan dari pusat bisnis waralaba,
3. Hanya cukup memikirkan tempat strategis untuk memulai bisnis,
4. Keuntungan yang akan didapatkan bersifat bagi hasil dan jika terjadi kerugian bisnis, maka akan ditanggung secara bersama,
5. Tidak perlu membeli alat produksi sendiri maupun penggantian secara pribadi, sebab semua hal yang berkaitan dengan perbaikan dan pergantian sudah dilayani dari pusat bisnis,
6. Memiliki kesempatan untuk me-waralaba-kan bisnis tersebut ke pihak lain, apabila telah memiliki hak guna pakai penuh dari bisnis pusat,
7. Hasil yang didapatkan lebih pasti, sebab para konsumen sudah mengetahui terlebih dahulu nama bisnis waralaba tersebut, hanya bermodalkan tempat usaha yang strategis, maka keuntungan bisnis akan mengalir dengan sendirinya.
Tujuan dipromosikannya bisnis waralaba agar para pelaku bisnis yang ingin bergabung dapat lebih mandiri didalam memilih konsep bisnisnya sendiri. Terdapat dua jenis waralaba yang dapat dikembangkan secara bersama-sama oleh pemiliki masing-masing bisnis:
1. Waralaba luar negeri, menawarkan sistem yang lebih jelas dengan nama merk dagang yang berlaku diseluruh dunia. Hal ini juga menjadi unsur pamoritas bagi pelaku bisnis yang bergabung,
2. Waralaba dalam negeri, menjadi salah satu betuk investasi bagi pelaku bisnis awam yang belum mengetahui secara jelas tentang perkembangan bisnis tersebut dimasa depan. Bagi yang ingin cepat kaya dapat bergabung kedalam jenis bisnis ini.
Tingkat pengembalian bisnis waralaba pun dinilai cukup tinggi, yaitu 15 % dari nilai awal. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang tertarik dengan bisnis tersebut, segera investasikan modal ke bisnis yang lebih menjanjikan di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar