Sabtu, 02 Juni 2012

Peluang Usaha 2013 by Sulhadi

Peluang Usaha 2013 Di Bidang Kuliner

Bagi banyak orang, memiliki ataupun membangun usaha yang bergerak di bidang kuliner mungkin bukanlah sesuatu yang baru. Membanjirnya beragam pelaku usaha di bidang ini di satu sisi menunjukkan bahwa usaha kuliner memilki posisi yang cukup diperhitungkan.
Mudahnya adalah jika anda berkeliling di sekitar lingkungan anda, coba anda hitung berapa banyak usaha soto ayam, bakso, mie ayam dan usaha kuliner lainnya dalam radius 1 kilometer.  Pada banyak kasus, menjamurnya usaha kuliner ini tidak lepas dari banyak hal.
Pertama, sulitnya mendapatkan pekerjaan. Jika dulu orang yang lulus dari sekolah bisa langsung bekerja karena adanya program ikatan dinas, saat ini sudah semakin banyak program ikatan dinas yang dihapus. Faktor pendorong kedua adalah untuk bisnis kuliner, masalah produk apa yang nantinya kita jual, resepnya bisa kita dapatkan dengan mudah.
Hal ketiga yang mendorong menjamurnya usaha ini adalah terkait dengan mudahnya cara menghitung biaya, pendapatan dan unsur-unsur finansial lainnya. Dibandingkan dengan usaha jangka menengah dan jangka panjang seperti usaha mebel dan barang antik misalnya, kemudahan penghitungan keuangan lebih dimungkinkan karena usaha ini cenderung bersifat harian sehingga terkesan lebih mudah untuk menghitung untung ruginya.
peluang usaha 2013 di bidang kuliner punya prospek cerah. Dan untuk mendapatkan manfaat dari terbukanya peluang usaha 2013, setidaknya kita harus memahami ragam kuliner yang ada selama ini. Pengelompokkan pertama yaitu terkait dengan jenis makanan yang dijual. Terkait dengan jenisnya setidaknya ada 2 kelompok besar makanan yaitu makanan utama  dan makanan pendamping.
Makanan utama misalnya, adalah makanan yang biasanya kita nikmati saat sarapan, makan siang dan makan malam. Di Indonesia, umumnya makanan jenis ini selalu dilengkapi dengan nasi sebagai pelengkapnya. Sedangkan untuk makanan pendamping, bisa berupa aneka camilan, gorengan dan kudapan lainnya yang bisa dimakan setiap saat.
Pengelompokkan kedua adalah terkait dengan cara penyajiannya yaitu apakah makanan harus diolah dulu setelah dipesan atau sudah disiapkan terlebih dahulu atau justru setengah disiapkan terlebih dahulu. Restoran masakan oriental misalnya, masakan biasanya dibuat setelah konsumen memesan.
Sedangkan untuk restoran padang, masakan biasanya sudah matang dan konsumen tinggal memilih makanan. Dan untuk jenis masakan yang setengah disiapkan biasanya muncul pada hidangan ikan bakar  dan makanan lainnya yang secara umum butuh waktu lama namun dipersingkat waktu pembuatannya dengan dibuat setengah matang kemudian dimasak lagi.
Dari dua pengelompokan ini, anda bisa menentukan strategi untuk menjemput peluang usaha 2013. Tiap peluang usaha 2013, jelas memiliki tipsnya masing-masing. Misalnya anda memutuskan menjual makanan seperti cap cay, mengiris bawang putih, wortel, kubis, bakso dan bahan-bahan cap cay lainnya sebaiknya dilakukan sebelum konsumen memesan sehingga waktu memasak bisa dipangkas karena anda tidak lagi sibuk memotong maupun mengupas bahan- bahan yang dibutuhkan. Dengan memahami hal-hal sederhana semacam ini, anda akan bisa meraih peluang usaha 2013 dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar