Senin, 18 Juni 2012

Usaha dengan Modal Kecil by Sulhadi

Simbol kesuksesan sebuah bisnis biasanya dinilai dari kemampuan pengelola bisnis untuk menghasilkan keuntungan lebih besar dibanding nilai modal utama. Oleh karena itu, ada baiknya memulai usaha dengan modal kecil saat ini juga, sebab perhitungan keuntungan dapat dipastikan menjadi lebih besar, dibandingkan dengan memulai usaha dengan modal besar, pastinya persentase keuntungan yang didapatkan pun akan lebih kecil.
Penting untuk diketahui bahwa didalam memulai usaha dengan modal kecil bukan tidak dilakukan dengan usaha maksimal, namun setiap usaha dan kerja keras wajib dilakukan bagi siapa saja yang ingin berhasil dalam bisnis. Dengan begitu, konsep usaha dengan modal kecil pun akan memberikan dampak positif yang lebih besar apabila dinilai dari segi keuntungan bisnis.
Bentuk usaha dengan modal kecil memberikan alternatif yang beraneka ragam, mulai dari bisnis makanan kecil, aksesoris, pernak penik perhiasan, pakaian, suvenir pernikahan dan lain sebagainya. Pada dasarnya, kesemua jenis bisnis dapat dikategorikan kedalam bentuk bisnis dengan modal kecil. Nilainya memang relatif, karena belum tentu kecil bagi salah satu pelaku bisnis, namun bagi pelaku bisnis lainnya menganggap hal tersebut bernilai besar.
Terlepas dari hal itu semua, konsep usaha dengan modal kecil menawarkan keuntungan yang menarik, karena tidak membutuhkan modal besar dalam memulai sebuah bisnis yang memiliki nilai prospek tinggi untuk berkembang dimasa depan. Disamping itu pula dibutuhkan kejelian didalam melihat jenis usaha apa saja yang dapat dimulai dengan modal minimal.
Beberapa aturan main sebelum memilih jenis usaha dengan modal kecil: 
1. Pastikan konsep bisnis yang dipilih memiliki visi dan misi tujuan yang jelas,
2. Mulai menghitung secara kasar tentang pendapatan bisnis dalam beberapa tahun kedepan,
3. Pasar memiliki hak otoriter yang berlaku luas bagi seluruh bisnis, oleh karena itu sebaiknya analisa pasar pun wajib dilakukan sebelum memulai usaha,
4. Menciptakan produk yang berdaya manfaat tinggi bagi para konsumen,
5. Buat paradigma baru tentang konsep harga produk apabila ingin menjadi favorit konsumen,
6. Berikan layanan purna jual terbaik bagi setiap konsumen apabila diperlukan.
Hal yang terlihat kecil, mungkin sering dianggap sepela bagi sebagian individu, namun terciptanya hal besar pasti dimulai dengan sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Dari kondisi tersebut, usaha dengan modal kecil bertujuan untuk menciptakan sesuatu yang besar yang pada akhirnya akan membantu para pelaku bisnis merasakan kesuksesan yang tiada tara.
Dengan satu tujuan, maka usaha apapun akan meraih kesuksesan jika dikelola dengan manajemen yang benar. Memperhatikan setiap aturan bisnis yang ada serta berani untuk mengambil keputusan bisnis ditengah persaingan dan kompetisi bisnis yang begitu ketat, hal itu akan menambah kekuatan tersendiri bagi jenis usaha dengan modal kecil tetap bertahan dalam waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar