Minggu, 17 Juni 2012

Cara Bikin Web Bagi Seorang Pemula by Sulhadi

Seorang pemula didalam satu bidang tertentu, biasanya rasa keingintahuannya begitu luas, sehingga memunculkan beberapa pertanyaan baru. Sama halnya dengan topik tentang cara bikin web bagi seorang pemula, hal pertama yang dibayangkan seseorang adalah bagaimana algoritmanya, bagaimana bahasa pemrograman, sulit atau tidak untuk dipahami secara cepat, sampai kepada hal yang kecil seperti hal apa yang butuh dipersiapkan sebelum memulai cara bikin web sendiri.
Tentunya pikiran-pikiran tersebut dapat dikesampingkan terlebih dahulu, dengan kata lain cobalah untuk berimprovisasi dan mengetahui sedikit demi sedikit tentang cara bikin web, hal yang mudah namun dirasa sulit akan menimbulkan kesulitan pada akhirnya. Namun, hal yang rumit namun dirasa mudah dan yakin bisa diselesaikan, maka itulah yang akan terjadi. Sama halnya dengan cara bikin web tanpa diawali dengan mengikuti kursus terlebih dahulu.
Sebelum memulai cara bikin web sendiri, terdapat beberapa poin penting yang harus selalu diingat oleh para pemula di dunia web, yaitu: 
1. Web atau blog, mana yang harus didahulukan?
Secara sistem, kedua istilah tersebut memiliki unsur yang sama. Namun, beberapa orang mengartikan bahwa blog merupakan bagian dari web dalam arti yang lebih sempit, serta pemanfaatannya yang tidak seluas web. Ini menjadi dasar bagi siapa saja untuk memulai cara bikin web sendiri dengan cara yang tepat sasaran.
2. Perlu sewa hosting/ domain atau tidak?
Tergantung, sebab belakangan ini banyak sekali penyedia domain gratis dan layanan hosting yang cukup memadai, walaupun tanpa membayar sekalipun. Hal tersebut bisa menjadi alternatif untuk membangun sebuah web kreatif versi pribadi.
3. Apa manfaatnya bagi diri pribadi?
Pemanfaatan web sangat luas, diantaranya adalah sebagai media bisnis secara online. Para pelaku bisnis menyebarkan strategi pemasaran lewat sebuah web bisnis dan hal tersebut terbukti handal. Ditambah dengan dunia mobile yang terus menerus berkembang dan menjadikan setiap individu juga harus mobile dari satu tempat ke tempat lain tanpa terhalang waktu maupun tempat.
Oleh karena itu, cara bikin web yang terbaik adalah:
1. Mulai dari diri pribadi, motivasi sangat penting untuk melandasi tujuan dibangunnya sebuah web,
2. Hindari pemanfaatan konten yang tidak perlu, karena akan merusak arti dari web itu sendiri,
3. Pilih fasilitas atau aplikasi web yang memudahkan, salah satunya adalah aplikasi CMS yang dapat dengan mudah dipelajari dan diaplikasikan untuk berbagai hal,
4. Jangan menulis kepentingan golongan atau kepentingan pribadi di web, karena setiap pengunjung adalah liberal dan memiliki kebebasan untuk menilai web tersebut bagus atau tidak,
5. Sewa hosting lebih baik jika memiliki rencana jangka panjang, karena dengan kapasitas dan kontrak sewa yang jelas, maka web yang dibangun terasa lebih berarti dibandingkan dengan fasilitas yang serba gratis, namun sewaktu-waktu dapat hilang dalam sekejap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar