Jumat, 08 Juni 2012

Peluang Usaha Baru Membutuhkan Kejelian Pelaku Usaha by Sulhadi

Semakin berkembang peradaban manusia, maka semakin banyak jenis kebutuhan yang muncul baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam situasi-situasi tertentu. Jika kita merujuk pada cerita para orang tua jaman dahulu, sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain bisa jadi harus menghabiskan waktu berhari-hari karena harus dilakukan dengan berjalan kaki. Tentunya jika cerita semacam ini diwariskan di masa kini, yang mungkin muncul di benak generasi muda saat ini mungkin adalah rasa heran dan tidak percaya bahwa hidup di masa lalu tidak hanya lebih sederhana tapi juga lebih sulit bila dibandingkan dengan saat ini.
Jika kita mau berpikir luas, dari cerita masa lalu dan keadaan masa kini, sebenarnya ada hal menarik yang bisa dicermati, yaitu mengenai bagaimana kebutuhan manusia berkembang sesuai dengan jamannya dan peluang apa saja yang datang bersama munculnya kebutuhan-kebutuhan yang baru.
Dari kisah terkait dengan kesulitan dalam perjalanan di masa lalu ini, kebutuhan akan transportasi yang cepat adalah sesuatu yang muncul sejak lama. Memang, seiring dengan jaman, umat manusia telah berhasil mengembangkan berbagai alat transportasi yang mampu memangkas waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan tertentu.  Dan dari sinilah kemudian kita mengenal jenis usaha yang cukup menjanjikan yaitu jasa transportasi umum.
Dengan memahami perkembangan kebutuhan manusia, peluang usaha baru pasti akan muncul. Sebagai sesuatu yang benar-benar baru, tentu dibutuhkan kejelian untuk bisa menangkap peluang usaha baru yang akan muncul. Beberapa peluang usaha baru mungkin tidak lebih dari sekedar pengembangan dari berbagai usaha yang telah ada sebelumnya. Namun meskipun demikian, jika tidak ada seorangpun yang memulai untuk melakukannya, maka peluang usaha baru tidak akan pernah menunjukkan potensinya.
Terlepas dari besarnya potensi dari usaha baru ini, keberanian untuk memulai peluang usaha baru memang adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan sembarangan. Pada setiap usaha baru, resiko untuk mengalami kegagalan total amatlah tinggi. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh ketidakmampuan pelaku usaha. Namun juga dipengaruhi oleh tanggapan konsumen potensial terhadap layanan baru yang ditawarkan dan juga kemampuan untuk menentukan standar baik secara teknis maupun non teknis mengenai bagaimana layanan yang benar-benar baru ini akan diberikan.
Salah satu contoh peluang usaha baru adalah terkait dengan kebutuhan akan teh botol tanpa gula. Siapapun yang mendengar ide ini pasti akan sefera berpikir bahwa ide ini tidak masuk akal. Namun jika kita mau secara terbuka berpikir, ide ini sebenarnya bukanlah ide yang tidak masuk akal. Teh secara umum telah dikenal di banyak penjuru dunia. Dari Asia hingga Eropa, budaya minum teh muncul dalam beragam variasi dan ritual.
Dan secara tradisional, teh pahit sebenarnya punya penggemar. Namun meskipun ide ini memiliki dasar yang kuat, namun untuk pasar Indonesia misalnya, ide ini ternyata mengalami kegagalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar