Minggu, 10 Juni 2012

Peluang Usaha Kecil di Era Globalisasi

Usaha rumahan memiliki peranan penting dalam ekonomi nasional Indonesia. Secara umum, dengan adanya usaha rumahan yang kuat, tidak hanya membantu pemerintah mengatasi masalah tingginya angka pengangguran terdidik di Indonesia namun juga membuka pasar baru dalam berbagai bidang usaha yang saat ini banyak ditekuni oleh banyak pelaku usaha rumahan.
Dari berbagai macam usaha yang ada, bidang usaha yang menekankan pada kreatifitas atau biasa disebut industri kreatif memegang porsi yang cukup penting dalam perumbuhan ekonomi nasional. Salah satu hal yang menjadi titik penting dari usaha di bidang ini adalah tingginya nilai tambah yang dihasilkan sehingga keuntungan ekonomi yang diperoleh realtif lebih tinggi jika dibandingkan dengan usaha lainnya.
Kabar baik lainnya adalah, bidang usaha ini ternyata tidak hanya memacu kreatifitas produk dalam hal desain semata namun juga pada jenis bahan yang dimanfaatkan dalam produk. Penggunaan limbah plastik, kain, kayu dan berbagai jenis limbah lainnya tidak hanya mendukung tingginya nilai tambah secara ekonomi dari produk yang dihasilkan, tetapi juga telah membantu pemerintah dan masyarakat dalam perang terhadap sampah.
Hal ini adalah sesuatu yang menggembirakan namun bukan berarti kerja keras ini sudah bisa dianggap selesai. Tersebarnya sentra usaha rumahan dan juga rendahnya jumlah produksi barang adalah hal-hal yang bisa menghambat meningkatnya peran serta usaha rumahan dalam ekonomi nasional.
Peluang usaha kecil untuk terus berkembang dalam skala produksi maupun jumlah penyebarannya disetiap kota dan kabupaten cukup besar. Berbagai skema permodalan yang digagas oleh pemerintah selama ini memang diharapkan dapat mendorong peluang usaha kecil semakin terbuka bagi masyarakat  luas.
Berbagai pelatihan yang diadakan oleh departemen tenaga kerja misalnya memang ditujukan untuk semakin membantu masyarakat dalam menangkap peluang usaha kecil yang secara potensial dapat mendorong perbaikan ekonomi masyarakat. Namun dalam kenyataannya, pertanyaan yang kemudian muncul yaitu apakah semua ini sudah cukup dalam membuka peluang usaha kecil yang luas bagi seluruh masyarakat Indonesia?
Meskipun pemerintah telah berupaya mendorong terbukanya peluang usaha kecil dalam berbagai program yang telah disosialisasikan, dalam beberapa tingkatan ternyata tidak semudah itu merubah keadaan. peluang usaha kecil banyak yang tidak bisa dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat karena secara teknis persyaratan untuk pinjaman permodalan yang telah dibuat selama ini belum sepenuhnya mengakomodasi calon pelaku usaha rumahan yang belum secara mapan beroperasi.
Hambatan semacam ini tentunya perlu untuk segera diatasi karena dengan semakin menguatnya pengaruh globalisasi terhadap ekonomi nasional, upaya penguatan kapasitas ekonomi nasional adalah hal yang mutlak diperlukan.Apalagi, jika menilik berbagai profil usaha rumahan di Indonesia, pangsa pasar luar negeri sebenarnya memiliki minat yang cukup tinggi terhadap produk kreatif usaha rumahan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar