Rabu, 13 Juni 2012

Peluang Usaha Makanan Bagi Para Pengusaha Pemula by Sulhadi

 

Peluang usaha makanan meskipun banyak dianggap sebagai sebuah pilihan yang sulit, dalam beberapa hal sebenarnya tidak sesulit yang diduga orang. Peluang usaha makanan akan tetap terbuka lebar sepanjang manusia masih hidup dan bahan makanan masih tersedia. Karena alasan inilah biasanya orang cenderung menganggap usaha ini sebagai usaha yang mudah karena siapapun pasti butuh makan. Memiliki cara berpikir seperti ini bagus sebagai titik awal dalam memulai usaha makanan.
Usaha makanan  adalah salah satu usaha tertua yang ada di dunia. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa tanpa makan, manusia tidak akan bisa beraktifitas dengan baik.
Persoalan tentang kandungan gizi makanan misalnya membuat sebagian makanan digemari dan untuk alasan yang sama bisa juga malah dihindari. Misalnya makanan berlemak, secara umum makanan jenis ini digemari karena rasanya yang dijamin lebih enak jika dibandingkan dengan makanan yang diklaim rendah lemak. 
Bagi anda yang kelebihan berat badan, alasan bagi masalah berat badan anda mungkin tidak selalu berkaitan dengan faktor  kegemaran mengkonsumsi makanan berlemak. Faktor keturunan, rendahnya aktifitas fisik dan penyakit bisa saja mendorong anda memiliki berat badan berlebih. Namun meskipun demikian, makanan berlemak secara statistic tetap menjadi tersangka utama yang menyebabkan masalah kelebihan berat badan.
Namun bagi anda yang kekurangan berat badan, makanan berlemak bisa saja menjadi solusi instan untuk menambah berat badan. Namun jika kekurangan berat badan ini terjadi akibat penyakit dan faktor keturunan, makan makanan berlemak belum tentu menjadi solusi terbaik bagi masalah anda. Dari gambaran sederhana ini sebenarnya kita bisa melihat bahwa tiap orang memiliki kepentingan yang mungkin bertolak belakang terkait dengan suatu makanan dan dengan demikian kita bisa melihat bagaimana seharusnya kita memulai usaha makanan kita.
Namun tetap ada di titik ini juga akan membahayakan si pelaku usaha dalam jangka panjang. Bagi para pemula,  cara berpikir seperti inlah yang kadang tidak mendorong usaha yang lebih serius untuk melakukan berbagai inovasi baik yang terkait dengan produk, pelayanan maupun perencanaan jangka panjang yang terkait dengan bagaimana selanjutnya usaha ini akan dikembangkan.
peluang usaha makanan tidak akan benar-benar berbuah manis ketika produk yang ada tidak bisa menjawab selera pasar. Anda boleh saja berjualan gudeg Jogja di mana saja namun dengan cita rasa yang khas yaitu manis pertanyaannya kemudian adalah bagaimana selera masyarakat di sekitar tempat usaha anda.
Pertanyaan ini penting karena bisa menjadi dasar bagi anda untuk mengembangkan peluang usaha makanan yang anda telah rintis ini. Jika anda mendapati bahwa penjualan anda semakin meningkat, ini berarti gudeg anda telah mendapat tempat di hati masyarakat sekitar. Dan jika hal yang sebaliknya terjadi, maka saatnya anda mulai mengevaluasi usaha anda sehingga peluang usaha makanan anda tidak semakin suram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar