Rabu, 30 Mei 2012

Usaha Modal Kecil by Sulhadi

Banyak orang berpikir bahwa untuk menjadi pengusaha, harus ada sejumlah besar modal yang disediakan. Anggapan ini tidak selalu benar sebab ada banyak pengusaha sukses yang mulai merinitis bisnis dengan modal yang amat minim. Hal demikian menunjukkan bahwa siapapun, termasuk Anda, bisa saja menjadi pengusaha sukses meski hanya bermodalkan sedikit uang.
Impian ini bisa menjadi kenyataan hanya jika Anda mengetahui cara-cara mengembangkan usaha modal kecil tersebut sedikit demi sedikit hingga menjadi semacam perusahaan bisnis yang besar dan berkembang pesar. Well sebelum bertindak, hal utama yang harus Anda pastikan adalah ide dasar sebuah bisnis yang akan Anda kembangkan dari usaha modal kecil untuk selanjutnya dikembangkan dan terus diberdayakan.
Anda mungkin telah memikirkan berbagai alternatif usaha modal kecil yang menurut Anda cukup menarik dan menjanjikan. Namun demikian, pastikan tidak ada ragam usaha yang luput dari perkiraan dan pikiran Anda, yakni bisnis internet, sebab bisnis tersebut tidak hanya merupakanusaha modal kecil, akan tetapi juga tergolong bisnis yang tidak mengharuskan Anda melakukan terlalu banyak hal dan mengurusi terlalu banyak urusan.
Ok sebagai analogi sederhana, coba perhatikan ilustrasi sederhana berikut. Anda memilih salah satu barang khas dari daerah Anda untuk dijadikan barang dagangan, kemudian Anda mempromosikan barang tersebut melalui internet. Dengan cara ini, promosi tersebut tidak hanya akan menjangkau orang yang di sekitar Anda, akan tetapi semua orang dari seluruh dunia. Setelah itu, cobalah kalkulasikan seberapa kecil modal yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis tersebut.
Anda tidak perlu menyewa gerai atau toko dan membayar karyawan, akan tetapi Anda berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang amat sangat melimpah. Usaha modal kecil semacam ini adalah sebuah pilihan yang harus Anda pertimbangkan khususnya jika Anda tidak memiliki banyak modal dan banyak waktu untuk menambah penghasilan reguler Anda.
Untuk mendongkrak penghasilan Anda dan semakin mengembangkan bisnis yang telah Anda rintis, ada baiknya Anda mulai menentukan target konsumen utama dari barang yang Anda pasarkan di internet. Katakanlah misalnya Anda menjual sovenir acara pernikahan khas dari daerah Anda.
Untuk itu, Anda harus mulai mempersempit target utama Anda sehingga Anda pun bisa lebih berkonsentasi untuk menarik target konsumen tersebut. Untuk sovenir pernikahan, misalnya, target utama Anda adalah para pasangan yang akan segera menikah dan setelah mengetahui dan mengidentifikasi target utama tersebut, Anda dapat lebih berkonsentrasi untuk membidik para target tersebut sehingga laju bisnis Anda akan lebih terarah dan penghasilan Anda semakin melimpah ruah.
Melibatkan internet dalam usaha modal kecil semacam ini sangat efektif karena Anda juga tidak perlu memiliki banyak modal untuk mengulak barang yang akan Anda jual. Anda hanya tinggal memesan barang tersebut ketika telah ada seorang pembeli yang mengirimkan uangnya pada Anda. Untuk memasarkannya, Anda akan sangat terbantu dengan penggunaan jejaring social ataupun aplikasi  teknis SEO pada website Anda sehingga website tersebut mudah ditemukan di search engine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar